Sunday 27 April 2014

Berpartisipasi dalam Pemilu 2014



Berpartisipasi dalam Pemilu 2014

(Segores Catatan dari Kuala Lumpur)



Tahun 2014 merupakan tahun bersejarah bagi Negara Indonesia. Dimana pada tahun 2014 digelar pesta rakyat untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin yang dapat membawa perubahan menuju Indonesia lebih baik. Suatu pesta demokrasi yang ke-11 (sebelas) sejak pertama digelar di tahun 1955. Pemilu 2014 adalah pemilu ke-4 (empat) sejak Masa Reformasi (1999).

Proses pemungutan suara pemilu 2014 di Malaysia, khususnya di Kuala Lumpur dilaksanakan pada tanggal 6 April 2014 untuk Pemilu Legislatif melalui drop box. Berlangsung lebih awal dimana di dalam negeri pelaksanaannya serentak pada 9 April. Sejak pagi hari Warga Negara Indonesia (WNI) berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih mereka dalam memilih anggota legislatif yang akan menjadi wakil di DPR RI Pusat.

Pemilu 2014 memberi kesan tersendiri bagi kami.  Ini yang pertama kalinya mengikuti Pemilu di luar negeri sejak  kami menetap di Kuala Lumpur, Malaysia. Akan selalu menjadi harapan bagi sebuah pemilu dimana pelaksanaannya dapat berjalan lancar, aman, jujur dan adil. Melalui pemilu yang Jurdil akan menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang sesuai dengan harapan rakyat Indonesia. Wakil rakyat dan pemimpin yang mampu memperjuangkan kesejahteraan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Tingkat partisipasi WNI wajib pilih yang masih jauh dari maksimal menjadi persoalan yang kompleks untuk penyelenggaraan pemilu Luar Negeri. Walaupun agaknya Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan Republik Indonesia – Kuala Lumpur telah bekerja secara maksimal dalam penyelenggaraan pemilu kali ini. Semoga Pemilu untuk pemilihan presiden (pilpres) bulan Juli 2014 dapat berlangsung lebih baik. Dan, Bangsa Indonesia dapat memilih pemimpin yakni presiden dan wakil presiden yang akan mengantarkan Indonesia menjadi negara yang kuat dan disegani di dunia Internasional.  @ Andi Himyatul Hidayah

****************


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.